Mengenal Allah

MENGENAL ALLAH

Allah Bapa

Allah Bapa Adalah Ia Yang Mengutus Yesus Kristus (Hosea 6:1-3)

Ketiga pribadi Allah itu disebutkan didalam 2 korintus 13:13 “Kasih karunia Tuhan Yesus dan kasih allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kam sekalian”, adalah berdasarkan ayat ini para pendeta menyampakan doa berkat :”Sertailah kasih karunia Yesus Krstus, dan kasih Bapa, serta persekutuan dengan Roh Kudus kepada saudara-saudara sekalian”.

Alasan bagi penekanan utama pada kaih karunia Yesus Kristus adalah bahwa kecuali seseran menerima karuia itu, kita tidak dapat mengenal Allah dan menyadari tentang kasi-Nya yang demikian. Dan jika tidak mengenal Allah kita tidak dapat bersekutu dengan Roh Kudus. Itulah sebabnya kita menyebut pertama-tama kasih karunia Yesus Kristus dan berikutnya kasih Allah dan persekuttuan Roh Kudus. Orang-orang Kristen sering berkata ‘Hanya Yesus’ yang artinya hanya Yesus sarusatunya jalan menuju kepada Bapa, bukan bahwa iman kita itu hanyalah Yesus, karena itu Yesuslah gerbang jalan ke sorga.

Gereja kristus percaua pada nama Bapa, Anak, dan Roh kudus. Jadi iiman Kristen tidak menyatakan bahwa seseorang boleh mengesampingkan Bapa, tak menganggap roh kudus yang percauya pada Yesus saja. Dikatakan dalam Hosea 6:3 ‘Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal Tuhan, Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akn datang kepada kita seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi ‘ dan pasal 4:6: UmatKu binasa karena tidak mengenall Allah, karena engkaulah yang menolak openggenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imanKu, dank arena engkau melupakn ajaran pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakn anak-anakmu’’. Selain itu juga dikatakan dalam Amsal 1:7 “ Takut akn Tuhan adalah permulaan pengetahuyan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dna didikan ’ dan Maz 111:10 ‘ Orang fasik melihantnya lalu sakit hati, ia mengertakkan giginya, lau hancur, kengininan orang fask akan menuju kebinasaan’. Orang yang berpengetahuna adalah orang yang megenal Allah dan yang mengenal Allah secara benar adalah orang yang berhikmkat.

Dengan demikian kita dapat mengenal Allan seperti tiertulis dalam Yoh 14:1: ‘ Jangalah gelisah hatimu, percayalah kepada Alllah, percayalah kepadaKu’ dan Yoh 17:3 : ‘ Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereika mengenal Engku, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus’. Sasaran iman krustiani adalah hidup kekal. Hidup kekal itu adalah mengenal satu-satunya Allah yang benar dan anakNya Yesus Kristus yagn telah Ia utus, berarti mengenal Allah Bapa dna Yesus sebagaimana Yesus berkata” Percayalah kepadaKU seperti kamu percaya kepada Allah “. Jadi tidak cukup hanya mengenal Yesus, tetapi harus mengenla Bapa. Jika kita menyangkal Allah Bapa, anakNya menjadi tanpa arti firman itu sendiri akan lenyap dna iman kita akn sia-sia.

Yesus mati akan menyelamatkan kita, tetapi tidk ada yang membangkitkanNya dari antara orang mati, maka kita pun tidak dapat hidup. Allah Bapa ialah Ia yang membangkitkan Yeusu Kristus. Allah Bapa menutus Anak demi umat manusia dan ditetapkan untuk mati oleh Hukum Tautar dan menyelamatkan umat manusia itu dengan membangkitkanNya dari antara orang mati. Karenanya kita mesti mangakui dna percaya Yesus, yang telah menebus dosa kita serta menghapusnya, dan Allah Bapa yang telah membangkitkanNya jikalalu kita ingin memperoleh hidup kekal.

3.1.2 Allah Bapa adalah yang Berada Dengan Sendiri-Nya (keluaran 3:13-14)

Allah adalah Ia yang berada dengan sendiri-Nya, dan segala sesuatu adalah ciptaan. Ciptaan adalah ungkapan tepat karena segala sesuau telah diciptakan oleh Allah. Segala ciptaan ada permulaan tapi bagi Allah tidk ada permulaan. .Segala sesuatu dijadikan, namun Allah tidak pernah dijadikan. Landasan iman kita adalah didalam firman-Nya Ibrani 11:3 “Sehingga Aku bersumpah dalam murka-Ku mereka takan masuk ke tempat perhentian-Ku”. Segala esuatu telah dijadikan oleh Iayang berada dengan sendiriNYA ITU DAN Ia itulah pencipta.

Ia adalah Allah yang unik karena hanya Dia satu-satunya Allah yang berada dengan Sendiri-Nya. Karena itulah orang memberi peekanan pada kata “ Oleh Diri-Nya Sendiri” bila mengatakan hakekat-Nya.Dia saja satu-satunya Allah yang benar dan yang ada selama-lamanya. Tuha Yesus memperingatkan kia ` Setiap ranting pada-Ku telah berbua, dipotong-Nya dan setiap raning yang berbuah dibeihka-Nya supaya ia lebih banyak erbuah. Kamu memang sudah bersih karena firman yang Kukaakan kepdamu tinggalah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu sama seperti ranting tidak dapat berbuah dengan sendirinya kalau tidak tingal dalam pokok anggur. Demikian juga kamu tidak bebuah jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamu ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal dalam Aku san Aku di dalam dia, ia berbuah banyak sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal dalam Aku, ia dibuang seperti ranting da menjadi kering, kemudian diambil orang lalu dicampakan ke dalam api lalu di baker”(Yohanes 15:2-6). Cara memelihara jiwa yang telah diselamatkan ialah membeitakan dengan cepat bahwa Yeuslah yang menyelamatkan kita. Yesus telah datang dalam tubuh agar dapat mnyelamatkan kia. Ia adalah Anak Allah yana telah menyelamatkan manusia. Bedanya dengan manusia ialah tubuh-Nya tanpa dosa sedangkan tubuh kita sejak semula udah penuh dosa.

0 Response to "Mengenal Allah"

Post a Comment