Sosiolinguistik; Tipologi Bahasa

Tipologi Bahasa

A. Pengertian Tifologi

Tipologi yaitu pengelompokan bahasa berdasarkan cirri khas tat kata dan tat kalimatnya(Mallinson dan Blake,1981:1-3). Lebih jauh Mallinson mengemukakan bahwa bahasa-bahasa dapat dikelompokan berdasarkan batasan-batasan cirri khas strukturalnya. Kajian tipologi bahasa berusaha menetapkan pengelompokan secara luas berdasarkan sejumlah fitur gramatikal yang saling berhubungan.

A. Tujuan Tipologi

Tipologi bertujuan untuk menentukan pola-pola lintas bahasa dan hubungan diantara pola-pola tersebut. Dengan demikian metodologi dan hasil-hasil penelitian tipologis pada dasrnya bersesuaian dengan teori tata bahasa apa saja.

Comrie (dalam newmeyer (ed.) 1988) menyatakan bahwa tujuan tipologi bahasa adalah untuk mengelompokan bahasa berdasarkan sifat perilaku structural bahasa-bahasa tersebut. Menurutnya ada dua asumsi pokok tipologi yaitu: (a) semua bahasa dapat dibandingkan berdasarkan strukturnya, (b) ada perbedaan diantara bahasa-hasa yang ada

Ada tiga preposisi penting yang terkemas dalam pengertian tipologi yaitu; (a) tipologi memanfaatkan perbandingan lintas bahasa, (b) tipologi mengelompokan bahasa-bahasa atau aspek bahasa tersebut, (c) tipologi mencermati fitur-fitur lahiriah bahasa..

Bahasa-bahasa dapat dikelompokan menjadi beberapa kelompok(tipologi) seperti tipologi akusatif, Tipologi ergative, tipologi aktif, dll.

KLIK JUGAsigodang.blogspot.com

KLIK ferdinan01.blogspot.com

KLIK jajantambahan.blogspot.com

KLIK mediarayasimalungun.blogspot.com

LIHAT JUGA Karya Ferdinan De J Saragih di Media

Pergunakan blog, friendster, facebook anda untuk menghasilkan uang. klik dibawah ini..???

KLIK Kumpulblogger.com

ATAU

KLIK www.meliaviral.com




0 Response to "Sosiolinguistik; Tipologi Bahasa"

Post a Comment