Puisi Ihsan Subhan




LAUT, ERANGAN, DAN PARAGRAF OMBAK

Tuhan,

Ajari aku mengayomi bumi

Menerawang dengan mata dan hati

Ajari aku mencintai ruang seindah *Sereg

Agar tak tercemar dan sobek

Ajari aku memandang jauh

sampai langit ke tujuh

Cakrawala yang berpautan dan samapi menyepuh subuh

Dan menatap sepucuk bintang yang menggodaku dan lama berkedip

Ajari aku memanjakan rembulan

Meninabobokan gugusan cahaya

Sampai terlelap di singgahan malam yang cacap

Tuhan,

Ajari aku menembus gelombang laut

Paragraf-paragraf ombak yang mendesir itu

Memintaku berselancar dengan sampan

Lalu kupancing hati agar lebih gerimis menyentuh samodra

Ajari aku mengasihi pesisir

Menyayangi pepasir

Menjaga teluk

Biar selalu kubesuk

Tuhan,

Ajari aku menyusun kembali riwayat pantai

Yang lama ternoda karena ulah

Ajari aku memindahkan keluasan jiwa biru

Pada segumpal darah yang kumiliki

Ajari aku menabiknya dengan sesantun

Laut yang sudah lama tersedu-sedu

Air matanya tersepai beradu

Tuhan,

Beri aku mata yang selalu memandang indah senja-senja

yang setia menyemai di tepi hari. Lalu

Beri aku melodi segar untuk menyimak

langkah camar di atas lautMu

Tuhan,

Ajari aku menelan setitik air mata

Ketika jauh, ketika rinduku padanya mulai bertempur

Maka mataku berbinar mengulum tafakur

Cianjur, Mei 2007

*Sereg, nama sebuah pantai yang terletak di Sindangbarang,

sebelah selatan Kab. Cianjur.

IHSAN SUBHAN, lahir di Cianjur 02 Desember 1987. Mahasiswa semester 5 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Suryakancana Kab. Cianjur Jawa Barat. Puisi-puisinya dibukukan dalam Antologi 9 Sastra Senja Penyair Cianjur “Selalu Ada Rindu” yang diterbitkan atas kerja sama Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dengan Dewan Kesenian Cianjur (DKC) tahun 2006. “Setiap Menjelang Senja Mataku Tak Memandang Warna-warni Lagi Tapi…” keluar sebagai penulis kisah nyata terbaik tahun 2006, Penerbit buku Qultum Media, Jakarta. Sekarang masih aktif di Sanggar Sastra Remaja Indonesia (SSRI) Kab. Cianjur dan menjadi pegurus Komite Sastra Dewan Kesenian Cianjur)

Alamat : Jalan Limbangan Sari No. 66

Rt.02 Rw.14 Kp.Babakan Tipar, Desa Limbangan Sari

Cianjur 43251 Jawa Barat

Mobile Phone : +62856 2477 4164

E-mail : ihsanhans@yahoo.com

Blog : http://ihsansdawai.blogspot.com




0 Response to " Puisi Ihsan Subhan"

Post a Comment